• Breaking News

    Kumpulan Materi dan Pelajaran Geografi Dasar

    Jumat, 31 Maret 2017

    15 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa yang Jadi Tujuan Wisata Pendaki Indonesia

    Tahukah anda apa gunung tertinggi di Pulau Jawa ?Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung karena secara geologis berada di dua jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Pasifik dengan Sirkum Mediterania. Dengan demikian, maka di Indoesia terdapat banyak gunung, bukan hanya gunung api tapi juga gunung-gunung yang menjulang tinggi.

    Salah satu pulau besar di Indonesia yang memiliki banyak gunung adalah Pulau Jawa. Tidak heran, jika Pulau Jawa cukup subur dan menjadi pulau terpadat di Indonesia. Gunung-gunung di Pulau Jawa memiliki banyak manfaat yang memberikan dampak bagi masyarakatnya. 

    Dengan meledaknya industri pariwisata akhir-akhir ini, banyak masyarakat Indonesia yang mulai menikmati keindahan alam Indonesia terutama gunung-gunung yang menjulang tinggi. Berikut ini adalah 15 gunung tertinggi di Pulau Jawa yang menjadi tujuan wisata para pendaki dari penjuru wilayah Indonesia.

    gunung tertinggi di jawa


    1. Gunung Semeru

    Gunung Semeru adalah puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini dipercaya sebagai istana para dewa. Puncak Gunung Semeru dinamakan Puncak Mahameru. Gunung ini adalah gunung paling popular bagi para pendaki di seluruh Indonesia. Mungkin karena meledaknya film “5 cm” beberapa tahun yang lalu menjadikan gunung ini semakin popular dan merupakan tujuan utama pariwisata yang ada di Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru berada pada ketinggian 3.676 mdpl.

    2. Gunung Slamet

    Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah yang berada pada ketinggian 3423 mdpl. Gunung ini adalah gunung api aktif yang terletak di 5 wilayah kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Purbalingga,Brebes, Banyumas, Tegal dan Pemalang. Jalur pendakian gunung ini cukup sulit Karena tidak adanya sumber air di sepanjang jalur pendakian. Nama Slamet sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya selamat. Konon katanya, jika gunung ini meletus, maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian.

    3. Gunung Sumbing

    Gunung Sumbing adalah gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Jawa Tengah. Gunung ini terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Magelang dan Temanggung. Bersama dengan Gunung Sindoro, kedua gunung ini terlihat seperti gunung kembar. Jalur pendakian gunung Sumbing via Garung adalah jalur favorit bagi para pendaki. Gunung Sumbing teletak pada ketinggian 3371 mdpl.

    4. Gunung Raung

    Puncak tertinggi Gunung Raung yang dikenal dengan nama puncak sejati berada pada ketinggian 3344 mdpl. Dengan demikian, gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur dan tertinggi ke empat di Pulau Jawa. Gunung Raung memiliki kaldera yang sangat luas, hanya kalah dari kaldera Gunung Tambora di NTB. Pendakian gunung ini juga cukup sulit mengingat tidak adanya sumber air di jalur pendakian.

    5. Gunung Arjuno

    Gunung Arjuno atau Gunung Arjuna memiliki ketinggian 3339 mdpl. Gunung ini dapat didaki dari segala arah. Secara administrative, gunung ini terletak di perbatasan kota Batu dan Kabupaten Pasuruan. Karena posisinya yang berseblahan dengan Gunung Welirang, maka wilayah gunung ini biasa disebut kompleks Arjuna Welirang. Gunung Arjuno sangat popular untuk didaki dan memiliki wisata air terjun.

    6. Gunung Lawu

    Gunung Lawu berada pada ketinggian 3265 mdpl dan berada pada perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Umumnya, kita mengenal gunung ini sebagai gunung di Jawa Tengah. Gunung ini sangat popular bahkan kita bisa menjumpai penjual makanan di puncaknya. Puncak tertinggi gunung Lawu adalah puncak Hargo dumilah dan terdapat sebuah tugu. Setiap malam satu syura, banyak orang datang ke gunung Lawu untuk berziarah. Gunung Lawu adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa yang wajib kamu daki.

    7. Gunung Welirang

    Dalam bahasa Jawa, Welirang artinya belerang. Gunung Welirang berada pada ketinggian 3156 mdpl dan berada dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Jalur pendakian gunung Welirang dapat dilakukan melalui Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Di bagian sekitar puncak hidup tumbuhan endemik yang dinamakan penduduk setempat sebagai manis rejo. Gunung Welirang terletak di kota Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto.

    8. Gunung Sindoro

    Gunung Sindara atau Sindoro yang berada pada ketinggian 3150 mdpl merupakan gunung api aktif yang membentuk bentang alam gunung kembar bersama dengan gunung Sumbing. Gunung ini terletak di Kabupaten Temanggung, sebagai kota terdekat. Banyak pendaki beranggapan bahwa pemandangan gunung Sindoro masih kalah dengan gunung Sumbing. Tetapi, itu bukan alasan untuk mencoret gunung ini dari daftar gunung yang harus anda daki.

    9. Gunung Merbabu

    Gunung Merbabu terletak di Jawa Tengah, tepatnya pada daerah Salatiga dan berada pada ketinggian 3145 mdpl. Untuk pendaki yang berdomisili di Kota Yogyakarta, gunung ini sangat popular untuk didaki selain Gunung Merapi. Ada banyak jalur untuk mendaki gunung ini, salah satunya adalah jalur selatan yang sangat ekstrem. Puncak Gunung Merbabu dinamakan puncak Keteng Songo. 

    10. Gunung Kembar II

    Meskipun tidak sepopuler gunung-gunung lainnya, Gunung Kembar II masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Kembar II berada pada ketinggian 3113 mdpl dan berada pada jalur pegunungan yang sama dengan gunung Kembar I, Gunung Arjuno, dan Gunung Welirang.

    11. Gunung Argopuro

    Gunung Argopuro berada pada ketinggian 3088 mdpl merupakan bekas gunung api aktif yang kini sudah tidak aktif lagi. Gunung Arguporo terletak di Jawa Timur, tepatnya di wilayah kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Puncak terkenal dari gunung ini dinamakan puncak Rengganis, sedangkan puncak tertingginya adalah puncak Argopuro yang ditandai dengan adanya tugu triangulasi.

    12. Gunung Ciremai

    Gunung Ciremai terletak di Majelengka/Kuningan, Jawa Barat. Gunung ini sangat fenomenal karena titik start awal pendakian berada pada ketinggian 800 mdpl. Bayangkan, berapa waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai ketinggian 3084 mdpl. Gunung ini memiliki jalur yang sangat ekstem dan mitos yang sangat terkenal. Jangan heran jika anda menemukan air seni di pohon-pohon, karena ada larangan untuk membuang air seni di gunung ini.

    13. Gunung Kembar I

    Gunung Kembar I adalah Gunung yang teretak di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 3037 mdpl. Gunung ini masih satu kompleks dengan gunung Kembar II, Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

    14. Gunung Pangrango

    Di Jawa Barat, kepopuleran Gunung Pangrango mungkin melebihi Gunung Semeru. Gunung Pangrango adalah salah satu gunung yang berada dalam kawasan TNGP (Taman Nasional Gede Pangrango). Gunung Pangrango terletak di wilayah Bogor/ Cianjur dan memiliki ketinggian 3019 mdpl. Salah satu tempat paling fenomenal dari gunung ini adalah wilayah lembah Mandalawangi yang penuh dengan bunga edelweiss.

    15. Gunung Gede

    Gunung Gede merupakan Gunung lainnya yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Biasanya pendaki akan mendaki Gunung Gede bersamaan dengan Gunung Pangrango. Ketinggian Gunung Gede masih kalah dengan Pangrango, yaitu berada pada ketinggian 2958 mdpl.

    Demikianlah daftar gunung tertinggi di Pulau Jawa yang harus kamu tahu. Kalau berencana mendaki ke sana, jangan lupa persiapkan diri dengan baik. Naik gunung tidak sama dengan piknik di pantai. So, siapkan semuanya dengan baik dan nikmati petualangan anda dengan gunung di tanah Jawa.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel