• Breaking News

    Kumpulan Materi dan Pelajaran Geografi Dasar

    Selasa, 24 Januari 2017

    Pengertian dan Contoh Negara Berkembang serta Ciri-Ciri dan Wilayah Persebarannya

    Istilah negara berkembang bukanlah istilah baru yang kita dengar, apalagi negara kita, Indonesia tergolong sebagai negara berkembang. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai negara maju. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian negara berkembang, ciri-ciri negara berkembang, contoh dan persebaran negara berkembang di dunia.

    Pengertian negara berkembang


    Secara umum, negara berkembang adalah negara yang memiliki tingkat kesejahteraan hidup masyarakat sedang berada pada masa perkembangan dan lebih tinggi dari pada negara-negara lainnya yang setingkat, yang bukan negara maju.

    Negara berkembang kerap kali diidentikkan dengan kemiskinan, pendapatan rendah, penguasaan teknologi masih mengandalkan teknologi tradisional, dan lain-lain. 


    pengertian negara berkembang dan ciri-cirinya

    Ciri-ciri negara berkembang


    Ciri-ciri negara berkembang adalah kebalikan dari negara maju. Berikut ini adalah ciri-ciri yang ada pada negara-negara yang sedang berkembang.
    1. Pendapatan rata-rata penduduk rendah, sehingga angka kemiskinan masih bisa kita temukan dengan mudah. Pendapatan penduduk juga tidak merata. Sangat berbeda perbedaan antara si kaya dan si miskin.
    2. Sangat mengandalkan sektor primer, seperti pertanian, perikanan, perkebunan, dan peternakan sebagai komoditas ekonomi.
    3. Tingkat impor lebih tinggi dari pada ekspor.
    4. Usia harapan hidup rendah karena kurangnya fasilitas kesehatan dan masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan.
    5. Angka kelahiran sangat tinggi di negara-negara berkembang. Maka tidak heran jika negara berkembang seperti Cina, India, Indonesia, serta Brazil memiliki jumlah penduduk sangat besar di dunia.
    6. Tingkat pendidikan belum merata dan masih rendah. Di negara berkembang kita bisa dengan mudah menemukan orang yang buta huruf. Banyak anak-anak putus sekolah dan terpaksa menjadi gelandangan.
    7. Tingkat pengangguran yang tinggi karena kurangnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu masalah yang dihadapi negara-negara berkembang di dunia.
    8. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat lambat. Negara-negara berkembang hanya bisa menjadi konsumen produk-produk negara maju. Semua teknologi yang ada dalam  kehidupan kita sehari-hari berasal dari negara maju. Laptop, gadget, mobil, smartphone, dan lain-lain.
    9. Masih banyak tergantung pada alam. Sialnya lagi, negara berkembang masih belum bisa mengelola sumber daya alamnya dengan baik. Lihat saja PT Freeport yang mengelola tambang yang ada di Indonesia.


    Contoh negara berkembang dan wilayah persebaran negara berkembang di dunia



    Negara-negara berkembang mayoritas berada di belahan bumi selatan. Negara berkembang tersebar di seluruh benua di dunia. 

    Contoh negara berkembang di Eropa antara lain adalah Ukraina, Moldova, Serbia, Albania, dan Georgia. Negara-negara tersebut memiliki pendapatan perkapita yang rendah, di bawah US $ 10.000. 

    Contoh negara berkembang di Asia sangat banyak jumlahnya. Negara Asia Tenggara, kecuali Singapura adalah negara berkembang. Indonesia, Malaysia, Thailand, Laos, Kamboja. Filipina, Vietnam, Myanmar, Timor Leste adalah contoh negara berkembang di Asia Tenggara. Cina dan Mongolia adalah negara berkembang di Asia Timur. Sedangkan Korea Utara bahkan bisa kita sebut negara miskin.

    Di Asia Barat dan timur tengah, negara-negra seperti Afganishtan, Irak, Iran, Arab Saudi, Yaman, Lebanon, Turkmenistan, Uzbekistan, Kazakhstan, Tajikistan, dan negara pecahan  Uni Soviet lainnya adalah potret negara berkembang di dunia.

    Di benua Afrika, tidak ada negara maju. Ahmpir semua negara di Benua Afrika adalah negara berkembang bahkan negara miskin. Contoh negara berkembang di Afrika di antaranya adalah Mesir, Libya, Afrika Selatan, Nigeria, Pantai Gading, Gabon, Mali, Angola, Togo, dan lain-lain.

    Di benua Amerika, Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia didominasi oleh negara-negara berkembang. Contohnya adalah Mexiko, Venezuela, Bolivia, Belize, Honduras, Gatemala, Kostarika, Haiti, Kuba, Jamaika, dan lain-lain.

    Contoh negara berkembang di wilayah Pasifik antara lain adalah, Nauru, Samoa, Fiji, Solomon Island, Vanuatu, Tuvalu, dan lain-lain sebagainya.

    Demikianlah penjelasan mengenai pengertian negara berkembang, ciri-ciri negara berkembang, dan contoh negara berkembang serta wilayah persebarannya. Semoga bermanfat untuk kita semua.  

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel